STOP KILLING REPTILE!!! Dalam GATHERING AKBAR KOMUNITAS SATWA SE-JEMBER







Tulisan ini sebenarnya sudah saya buat sekitar sebulan lalu untuk salah satu website, namun karena ada bebrapa kendala dan tidak bisa posting dan pada akhirnya dari pada tulisan ini mangkrak saya post di blog dan semoga bermanfaat ya mentemen..

                                                                         ****


Bagaimana perasaan kalian, jika kedatangan tamu special datang kerumah? senang? Rindu? pasti. Tapi bagaimana jika tamu yang tidak terduga datang kerumah adalah ''tamu'' seperti, hadirnya binatang buas dan binatang melatah lainnya dirumah? Nah, Loh yang satu ini terjadi, dan kebetulan dirumah ngga ada orang alias sendiri pasti kalian merasakan ketakutan yang amat dalam lo ya dan secara reflex pasti, keingan kalian untuk membunuh binatang yang ''mungkin'' dapat membahayakan nyawa kalian. Ih, ngeri.. kalo  yang satu ini terjadi tanpa diundang.

Sekarang bukan jamanyya lagi untuk membunuh binatang yang mungkin sebagian dari kita menilai bahwa, binatang tersebut dapat membahayakan keselamatan kita. Jaman now , bukan seperti itu, udah saatnya dan wajib mengetahui informasi penting, edukasi, sosialisasi, dan rescue untuk keberlangsungan ekosistem serta untuk mengetahui atau warning  jika binatang buas tiba-tiba bertamu kerumah.


Apa Penyebab Reptile Datang Kerumah?

FYI, keberadaan binatang reptile di alam populasinya semakin berkurang. Persawahan dan hutan di pinggiran telah diexploitasi menjadi bangunan-bangunan pertokoaan, serta perumahan yang mewah. Binatang melata yang tinggal di dalamnya ikut terkena dampak dari exploitasi. Hasilnya banyak hewan seperti ular, kadal, dan lain sebagainya masuk kerumah warga tanpa diundang.


Karena takut, jika kedatangan ‘’mereka’’ secara reflek sebagian dari masyarakat membunuh hewan tersebut demi keselamatan anak dan keluarga yang lain. Selain tempat tinggal hewan yang terancam akan kepunahannya, di Negara maju lainya seperti China, Amerika, Afrika, dan Negara adidaya lainnya reptile semakin banyak dieksploitasi untuk diambil kulitnya, dagingnya ataupun dibunuh sia-sia hanya untuk mengambil keuntungan bisnis semata. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pentingnya peranan reptile bagi ekosistem.






Komunitas Reptile di Jember


Adalah Komunitas Pecinta satwa dari kota Jember, mengadakan gathering akbar komunitas satwa di alun-alun kota Jember. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk mengetahui peran dan pentingnya satwa baik itu hewan peliharaan di rumah (Pet) atau binatang reptile seperti ular, iguana, kura-kura, dan lain sebagainya. Gathering akbar dihadiri  oleh berbagai komunitas satwa yang ada di Jember, dari komunitas pencinta kucing, sugarglider, biawak, iguana, berbagai macam ular dan lain sebagainya.

Acara ini turut memeriahkan  carfreeday  pada Minggu, 24 Desember 2017 di alun-alun kota Jember. Semua masyarakat penikmat carfreeday berkumpul untuk sekedar melihat dan mengetahui tentang edukasi serta sosialisasi dari  acara gathering tersebut.  Jangan heran jika dalam gathering ini masyarakat akan dikagetkan dengan berbagai macam jenis hewan berbahaya seperti ular phyton misalnya. Namun, tidak perlu kuatir atau takut karena hewan yang dibawa telah jinak. Pada acara ghatering tersebut masyarakat boleh berfoto ria dan bertanya-tanya tentang cara menghadapi hewan berbahaya serta bagaimana cara penanganan khusus atau rescue ketika hal yang tidak diinginkan terjadi dirumah.

Pentingnya Mengenali Reptile


KENALI SAYANGI LINDUNGI adalah jargon dari Komunitas Reptil Jember yang memiliki 4 peranan penting agar masyarakat mengetahui yakni:

Sosialisasi
Mengenalkan dan mengubah paradigm negative tentang reptile kepada masyarakat.

Edukasi
Memberi pengetahuan seputar reptile melalui media social melalui kunjungan ke sekolah maupun instansi.

Sharing
Diskusi dan bertukar informasi tentang pemeliharaan, perawatan, dan penanganan reptile

Rescue
Hubungi kami jika terdapat ular, kadal, biawak ataupun reptile lainnya yang masuk ke dalam rumah

Point yang nomer 4 merupakan point yang sangat penting. Jika dirumah kalian kedatangan tamu yang tidak diundang seperti diatas maka segera hubungi,
Komunitas Reptile Jember (KRJ)
Jl. Tidar No 9A, Jember
CP : Dhodik ( Ketua ) : 081-252-464-938



Stop Membunuh reptile mulai sekarang!! Biarkan mereka hidup di alam dan biarkan mereka melaksanakan kodratnya sebagai penyeimbang ekosistem.

STOP KILLING REPTILE!!! Dalam GATHERING AKBAR KOMUNITAS SATWA SE-JEMBER STOP KILLING REPTILE!!! Dalam GATHERING AKBAR KOMUNITAS SATWA SE-JEMBER Reviewed by Alfiyah Rachma on February 06, 2018 Rating: 5

4 comments:

  1. wah, aku juga termasuk yg takut kl ada macem reptil masuk rumah, Al. Tapi semoga aja dgn adanya komunitas reptil, masyarakat jd lbh aware ya. Paling agus emang ngembaliin ke habitat alamnya sih ya

    ReplyDelete
  2. naaah setuju banget sama mbaak pritaaaa, nggih mbaaak dari pada di bunuh:')

    ReplyDelete
  3. Iyah, klo dibunuh kasian juga, tapi di rumah sodaraku dulu banyak yg dikeringkan gitu. Huhhh, ngeri

    ReplyDelete

Powered by Blogger.