CAMPUS VISIT 2021 : TEKNOLOGI TERAPAN DI POLITEKNIK NEGERI JEMBER (POLIJE) UNTUK MASA DEPAN

 


Pekan kemarin tepatnya tanggal, 13 Desember 2021 saya bersama Penggiat Sosial Media di Jember berkesempatan untuk mengikuti Kegiatan Campus Visit 2021 yang di selenggarakan oleh Politeknik Negeri Jember (Polije).  

Menjadi kesempatan pertama kalinya saya mengikuti kegiatan tersebut. Bertemu dengan teman-teman Blogger, Selebgram, dan Youtuber lainnya untuk saling bercengkrama.

Meski sedang dalam kondisi pandemi, kegiatan Campus Visit 2021 ini mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat serta prosedur lainnya demi mencegah terjadinya penularan Pandemi.

Menjadi pengalaman yang menarik bagi saya ketika mengunjungi Kampus yang bersebelahan dengan Kampus saya. Politeknik Negeri Jember atau yang biasa didengar dengan nama keren Polije merupakan Perguruan Tinggi Vokasi yang lebih memfocuskan pembelajaran dalam kegiatan skill atau kemampuan siap kerja di bidang jurusan tertentu,  Jadi perkuliahan dan praktik banyak dilakukan di lapangan.

Pagi itu sangat cerah, sinar matahari yang lembut serta dedaunan basah yang membasahi rumput di halaman Kampus Polije menambah rasa segar, sebab Jember masih di guyur hujan yang hampir setiap harinya.

Kemarin tapatnya, saat mengikuti Campus Visit 2021, menjadi hari yang produktif bagi saya, ketika awal mula menginjak Kampus Polije ini menjadi pertama kalinya saya melihat betapa Luasnya kampus Polije ini lo teman-teman. gedung-gedung yang menjulang  tinggi  nan eksotik menambah kesan betapa maju nya Kampus Polije saat ini. 

Saya tak sendiri bersama rekan-rekan blogger dan penggiat media sosial lainya, seperti selebgram, Youtuber dan mediagram lain untuk bergabung dalam Campus Visit 2021 yang di gelar oleh Humas Polije Jember.  

Campus Visit kali ini mengusung Tema Teknologi Terapan sedang Apa sih Teknologi Terapan itu?

Sebelum saya menceritakan experience saya dalam mengikuti Campus Visit 2021 ini, Disclaimer dulu yaa, sebenarnya Apa sih Teknologi Terapan yang ada di Kampus?


Teknlogi Terapan ?

Adalah sebuah teknologi yang di bentuk untuk memudahkan melakukan penyesuaian dengan menghasilkan berbagai macam bentuk aspek yang dihasilakan dengan tujuan untuk mempermudah dalam hal Lingkungan, Sosial, hingga Ekonomi Masyarakat yang saling memiliki kutersangkutan.

Dalam hal tersebut maka tujuan yang akan di temui dari Teknologi Terapan pada dasarnya adalah melakukan metode sebagai berikut :

1. Melakukan Penerapan Metode Hemat dari Sumber Daya,

2. Mudah untuk digunakan dan dirawat, serta

3. Memiliki dampak polusi yang kecil apabila dibandingkan dengan teknologi lainya.


3  Point diatas tersebut yang akan saya bahas dalam perjalanan saya megikuti Campus Visit 2021 di Kampus Politeknik Negeri Jember (Polije).



Pada kegiatan Campus Visit 2021 yang digelar oleh Polije ini saya berkesempatan untuk mengunjungi beberapa Teknologi Terapan seperti : 

1. Tefa Close House (Ayam Potong & Petelur/Penetasan Ayam)

2. Mineral Water Kemasan SIP

3. Teknologi Terapan Panel Surya/ Sollar Cell

4. Teknologi Terapan Mobil & Motor Listrik


Dari masing-masing Teknologi Terapan tersebut diatas yang dimiliki oleh Politeknik Negeri Jember ini, bagi saya yang masih awam mengenai apa dan bagaimana Teknolgi Terapan itu bekerja dan seperti apa dampak dan manfaat yang diberikan untuk kehidupan sehari-hari baik dalam Penelitian yang dilakukan Mahasiswa dan Dosen atau bahkan memiliki dampak kepada masyarakat baik dalam atau luar kampus. 

Disambut dengan Bus Polije yang mengantarkan kami berkeliling mengunjungi beberapa Teknologi Terapan yang ada di Kampus Polije, menjadi pengalaman pertama kalinya bagi saya Naik Bus Polije dengan fasilitas di dalam Bus yang cukup "Wow"  dalam perjalanan berkeliling mengelilingi kampus Polije di situ perasaan saya berdecak kagum karena, betapa megah dan mewahnya Kampus Polije ini.

Meskipun hanya satu hari, kami mengunjungi 3 (tiga) lokasi Teknologi Terapan yang ada di Kampus Polije. Mari kita menjelajah  Teknologi Terapan yang saya dan teman-teman kunjungi di Kampus Polije. Come on Ready For it!!


Tefa Close House (Ayam Potong & Petelur/Penetasan Ayam)




Bagian pertama, kami mengunjungi TeFa Close House (Ayam Potong & Petelur/Penetasan Ayam) kedatangan kami disambut bersama Bapak Budi Prasetyo, S.pt, Mp beliau yang menejalskan secara rinci mengenai seluruh kegiatan yang ada di TeFa Close House (Ayam Potong & Petelur/Penetasan Ayam).

Pertama kami dikenalkan dengan bagaimana Produksi Ayam Unggul Polije, menurut Pak Budi, berdasarkan Visi dan Misi yaitu dalam mengembangkan Ayam Lokal Unggul.





Dengan cara apa?

Disini saya dan teman-teman lainya diberikan pengarahan terkait bagaimana produksi ayam lokal yang unggul. Menurut Pak Budi, Menyilangkan Ayam Lokal dengan Ayam Lokal kualitas Unggul dapat memunculkan Strain atau jenis baru yang nantinya dapat menghasilakan daging ayam lokal yang memiliki beberapa unggulan.

Adapun keunggulannya sebagai berikut:

1. Efisiensi dalam konsumsi pakan, 
2. Cita rasa tetap dipertahankan,

Dalam dua point tersebut diatas yang pertama efisien adalah efisien dalam pakannya sehingga biaya yang dikeluarkan saat produski murah, daya jualnya juga bersaing , serta mampu diserap oleh masyarakat, point kedua karena ini merupakan ciri khas ayam lokal yang di miliki, jadi tidak dimiliki oleh ayam boiler lainnya. Sehingga tujuan tersebut yang saat ini sedang proses di kembangkan.






Bagaimana Prosesnya?

Saya dan teman-teman lainnya diajak langsung untuk melakukan observasi dalam proses perkawinan ayam yang secara alami. berikut adalah step by step proses perkawinan ayam:

1. Proses perkawinan ayam secara alami dilakukan dengan perbandingan jantan dan betina dalam satu kandang 1:9, satu ekor ayam jantan dan 7-9 Ekor Ayam Betina.

2. Kegiatan setiap hari yang dilakukan adalah memberikan makan dan minum serta memanen telur. Nah, telur yang dipanen dan yang dihasilkan berbeda dengan telur ayam konsumsi lainnya. Telur yang dihasilakn ayam persilangan ini memiliki keunggulan lain yang berbeda dengan telur boiler pada umumnya.

3. Setelah memanen Telur, Telur telur lainnya akan di bawa keruang penetasan telur yang telah menggunakan teknolgi modern.

Pada tahap ketiga ini saya akan menejelaskan sedikit tentang proses Grading dan Sortasi. pada tahap ketiga, Telur -telur yang akan dilakukan proses  fumigasi yaitu kegiatan yang dilakukan untuk sterilisasi telur. pada tahap tersebut pula telur-telur akan di grading, proses grading inilah untuk menyeleksi antara telur yang layak tetas atau tidak. 






Bagaimana cara memilah telur yang layak tetas atau tidak?

Telur-telur yang telah memasuki tahapan ini adalah telur yang baik. berikut adalah kriteria telur-telur yang layak untuk dikembangbiakan:

1. Ukuran telur tidak besar atau tidak kecil, 
2. Bentuk telur Oval sempurna,
3. Telur bersih tidak kotor dan tidak terdapat kapur dipermukaannya,

Pada kegiatan tersebut bertujuan untuk sterilisasi telur yang akan ditetaskan sesuai dengan Standard Operasional Prosedure untuk menghasilakan ayam yang berkulaitas.

Setelah melakukan proses tahapan tersebut proses selanjutnya yakni, telur-telur akan dimasukkan ke dalam Inkubator, di Inkubator inilah  telur akan di perah dan di peras selama 18 Hari. Super Saver Heaterm adalah mesin penghangat telur-telur untuk proses penetasan,  penggunaan alat tersebut membutuhkan waktu 3 Hari. 




Setelah melakukan proses atau tahapan-tahapan tersebut, kegiatan selanjutnya adalah tahapan Brooding, yakni tahapan periode kehidupan ayam menjadi pondasi awal bagi kehidupan dan produktivitas ayam pada fase berikutnya. keberhasilan fase ini akan memudahkan peternak untuk memperoleh keuntungan yang optimal.




Tahapan ini memerlukan waktu, yakni proses seleksi Day Old Chick (DOC) anak ayam yang baik dan atau menyeleksi anak ayam untuk proses pengemasan sehingga layak jual ke konsumen.



Oia, FYI Proses Fumigasi menggunakan bahan HmNo4 dan Formalin,  mesin-mesin setter tersebut untuk inkubasi telur selama 18 hari selanjutnya,  ayam dimasukkan kemesin Heather selama 3 Hari, dan alat setter sebagai proses pembalikan telur secara otomatis setiap 1 jam sekali selama 18 hari.



Mineral Water Kemasan SIP




Setelah usai mengikuti kegiatan dari Tefa Close House (Ayam Potong & Petelur/Penetasan Ayam), kegiatan kami selanjutnya yaitu mengunjumgi TeFa Mineral Water Kemasan yang ber-merk SIP. Air mineral kemasan SIP merupakan Air Mineral yang di produksi secara higenis di Kampus Politeknik Negeri Jember. 

Teman-teman tau tidak apa kepanjangan dari SIP?

SIP (Smart, Innovative, Professional) merupakan brand/ merk produk dari produksi air mineral oleh kampus Polije. 






Kemasan Minuman yang di produksi oleh Polije ini memiliki keunggulan yang berbeda dari minuman pada kemasan lainnya. Lantas apakah keunggulannya?~


FYI, Air Mineral SIP ini berasal dari Sumber mata air yang telah melalui proses filterasi yang sangat ketat demi menjaga kesegaran dari produk unggulan air mineral ber-merk SIP.

Bagaimana Prosesnya?


Air Mineral yang berada di dalam tandon/tangki stainless steel yang berisi 7000 Liter, setelah itu tandon pertama disaring dan dialirkan menuju tandon kedua. Proses penyaringannya menggunakan bahan baku pasir manganese dan carbon active yang ditambahkan oksigen.


Air mineral SIP ini disaring sebanyak 2 kali proses strerilisasi demi menghasilakan cita rasa kesegaran pada air mineral SIP.


Nah, Proses Filterisasi Oksigen dan Ozon ini menjadi pembeda dengan proses air mineral lainya.


Bagaimana? Tak ingin mencoba kesegaran dari air mineral kemasan SIP yang di produksi oleh Polije kah teman teman?





Teknologi Terapan Panel Surya/ Sollar Cell



Listrik menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kehidupan, seperti rutinitas mahasiswa dan Dosen di Kampus Polije melakukan kegiatan perkuliahan dan akadmika menggunkan listrik dengan sumber dari PLN. 


Kali ini ada yang berbeda dari kunjungan saya saat itu, saya dan teman-teman berkesempatan untuk meninjau secara langsung Teknologi Terapan Panel Surya / Sollar Cell. Lokasinya berada di Rooftop Jurusan Teknik secara langsung saya  meninjau sekaligus belajar bareng penggunaan Teknologi Terapan Panel Surya / Sollar Cell.


Sollar Cell itu apa? 

Merupakan pembangkit listik yang mampu mengkonversi matahari menjadi arus listrik.


Solar cell atau yang biasa disebut sel surya merupakan suatu perangkat atau sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.


Sollar Cell yang digunakan saat ini menggunakan prinsip atas efek Photovoltaic atau dengan kata lain munculnya tegangan listrik karena adanya hubungan atau kontak dua elektroda yang dihubungkan dengan sistem padatan atau cairan ketika mendapatkan energi cahaya. 



Nah, hubungan kontak dua elektroda tersebut bisa dihubungkan atau dimasukkan kedalam media penyimpanan energi  yaitu baterai dengan suatu perangkat / komponen tambahan lagi. 




Maka dari itu, kita bisa menggunakan energi dari sel surya meskipun malam hari karena telah disimpan didalam baterai yang tentunya juga kompatibel dengan perangkat sel surya.





Teknologi Terapan Mobil & Motor Listrik





Bonus Feature ~

Ini nih yang ditunggu-tunggu yang paling menarik pastinya, hasil karya dari mahasiswa dan mahasiswi serta Dosen Kampus Polije ini yang mendubrak dunia otomatifMenciptakan sebuah mesin motor menggunakan bahan bakar Listrik hemat Energi. Teknologi Terapan yang dihasilkan ini sudah sering di pamerkan ke berbagai pameran otomotif serta telah di uji cobakan di jalan raya loo teman-teman.

 

Beneran ngga percaya?

Hehe

FYI,  untuk motor listrik sendiri yg digunakan oleh ketiga kendaraan listrik di Polije itu menggunakan brushless DC. Namanya untuk mobil item tuh, mobil listrik brushless DC 3000 watt berjenis gokart dan yang putih, namanya mobil listrik P3TV panel surya brushless DC 2000 watt.

Sedang, Apa itu Brushless DC?

Yang dimaksud brushless DC yaitu tidak memiliki komutator dan susunan sikat (brush). Komponen utama dari motor BLDC ini stator dan rotor. Kontruksinya mengandung adanya magnet terpasang pada rotor BLDC dan stator dililitkan untuk sejumlah kutub tertentu. 


Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerjanya sendiri gulungan stator motor BLDC dihubungkan ke sirkuit kontrol atau sirkuit inverter. Kemudian sistem kontrol tersebut memberi energi pada belitan dalam pola yang berputar sekitar stator. Dan juga memberikan sinyal frekuensi dengan daya yang besar, sehingga pada belitan stator timbul medan magnet dgn kutub berlawanan dgn magnet pada rotor. 





Hal tersebut juga menyesuaikan  dengan sifat medan magnet, dimana kutub yang sama akan tolak menolak dan kutub yang berlawanan akan tarik menarik. 

Karena dipasang melingkar nih dengan proporsional di titik tengah makanya rotor menghasilkan gerak putaran sesuai dengan perubahan kutub medan magnet pada stator. 

Untuk cara kerja motor listrik singkatnya begini  sama dengan mobil listrik P3TV yang putih dengan mobil listrik brushless DC 3000 (gokart)  cara kerjanya.

Kemudian untuk kegunaan mobil listrik itu sendiri kalo yang mobil listrik P3TV putih itu  ada karna dana hibah P3TV, dibuatlah mobil golf, kegunaannya dibuat untuk tamu-tamu yang datang ke polije untuk jalan-jalan mengelilingi Polije. 

Kalo yang item mobil listrik brushless DC 3000 (gokart) itu, dibuat karna adanya praktikum sistem kendali kendaraan listrik prodi mesin otomotif semester 5, maka bahan praktikum dibuat mobil gokart. 

Ga hanya itu, mobil gokartnya juga akan diikutkan lomba-lomba mobil listrik lo teman-teman..




Namanya untuk mobil item tuh, mobil listrik brushless DC 3000 watt berjenis gokart. 
Nah untuk yang putih, namanya mobil listrik P3TV panel surya brushless DC 2000 watt.

Bagaimana engga keren yaa teman-teman, mungkin 5 atau 10 tahun lagi semua kendaraan bahan bakarnya akan diganti oleh tenaga surya, dampak kedepannya akan menghemat energi alam menajdikan energi terbarukan.

Jadi, teman-teman tertarik tidak untuk bergabung bersama kampus Politeknik Negeri Jember (Polije) setelah membaca beberapa Teknologi Terapan yang dihasilkan?

Come on join us sister n brothers :*




                       #PoliteknikNegeriJember

#Polije

#PolijeSIP

#TeachingFactory

#TeFa (disertai nama TeFa-nya)

#KampusVokasi

#VokasiKuatMenguatkanIndonesia


CAMPUS VISIT 2021 : TEKNOLOGI TERAPAN DI POLITEKNIK NEGERI JEMBER (POLIJE) UNTUK MASA DEPAN CAMPUS VISIT 2021 : TEKNOLOGI TERAPAN DI POLITEKNIK NEGERI JEMBER (POLIJE)  UNTUK MASA DEPAN Reviewed by Alfiyah Rachma on December 24, 2021 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.