Akhirnya Skripsi Selesai~



Akhirnya..

Alhamdulilah dan Akhirnya sebagian tanggung jawabku telah usai, iya hanya sebagian saja. selanjutnya the real life akan menghampiri. welcome :) the new world katanya orang-orang sih begitu. tapi memang benar sih, aku ngerasain sendiri bagaimana dan apa rasanya ketika orang-orang luar sana berkata tentang banyak hal bagi mahasiswa seperti aku yang anak baru kemarin misalnya yang baru menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi..

***

pernah ada seseorang yang bilang kepadaku begini,

Apabila Sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi


Ternyata setelah aku sedikit mengureknya, itu adalah sebagian untaian kata dari Ali Bin Abi Thalib~ Dalam, dan bermakna. itu yang aku rasa. semisal jalan cerita tentang prahara maupun roda kehidupan akan terasa jika apa yang kita kerjakan diluar akal dan kemampuan kita. namun, kata-kata dari Ali Bin Abi Thalib cukup menusuk suksma dalam, dan bermakna, alias mengena. aku merasa merasa sekali. tentang sesuatu yang tak aku suka, tak aku senangi selalu menghampiri dan terjadi. semisal skripsi :) adakah disini yang menulis skrispi berlembar-lembar, berlipat-lipat, berhalaman-halaman. suka? enggak! diluar sana mungkin sebagian orang atau penulis ingin menulis buku saja ketimbang mengerjakan skripsi yang jumlah halamannya suka tak suka, kuat tak kuat harus diselesaikan secara cepat, akurat, tepat, dan kuat!


Skripsi Selesai

Skripsi sih memang usai, tapi apakah segalanya juga usai? jujur belum ;)
cerita aku berawal dari sini..

~~

Aku berkerja di sebuah company yang who knows ketika kondisi skripsi aku belum selesai sama sekali wkwkwk bekerja 8 jam/hari, merasakan kenikmatan ketika skripsi belum kelar, uni. tempat aku mengabdi adalah reguler dimana uni. yang padat sekali, kerjaan padet bgt, lalu tekanan harus bayar ukt lagi. Semuanya berawal ketika aku mulai mengerjakan sedikit demi sedikit tulisan ilmiah yang aku susun, iya aku kerjakan dengan penuh ke istiqomahan dan kesabaran, mesti terkadang hati & raga capek banget, pengen nyerah! waktu itu sih mikrinya begitu. Pengen berhenti kerja, tapi disisi lain banyak temen yang udah lulus masih cari kerja. ''think twice dulu klo mau berhenti'' begitu pikirku yang terjadi beberapa bulan yang lalu..

Hari demi hari aku lewati. Melewati nya dengan penuh kegelisahan dan harapan yang pasti.  Maksudnya pasti adalah bagaimana caranya cepet kelar ini tugas akhir .

Bermodalkan semangat dan harapan "kudu selesai" tiap hari bahkan sepulang kerja yg lelahnya lillah buka laptop lagi lalu menulis skripsi, membaca artikel, buku-buku literatur, pedoman penulisan karya ilmiah. Hmm Dikala keseluruhan rutinitas mereka si pekerja yang balik kerja biasanya leyeh leyeh dikasur , hangout, ngemall, makan diluar,  wa-an sm gebetan,  telphonan. Lantas apalah aku yang selalu membuka buku demi mengetik sekertas tulisan tugas akhir yg tak kunjung berakhir itu~ Kalo kata naruto sih ''sakit tapi tak berdarah''.

Ah sudahlah , mungkin sudah jalan-Nya  pikiriku..

Motivasi, harapan dan semuanya aku telan ada yang mentah dan matang.  Karena apa ? Mereka hanya dapat memberikan sebuah sugesti dan kata semangat ! Namun, tak merasakan apa yang sedang aku perjuangkan~

Lelah kadang datang secara tiba, malas apalagi kadang selalu menghampiri, disaat mager ini menjadi penyakit serta hambatan dikala masih banyak tugas yang belum terselesaikan dan terkadang  otak mulai suntuk tak pasti dan butuh inspirasi jalan-jalan misalnya.

Namun sekali lagi kata-kata sugesti yang tertancap di otakpun susah dihilangkannya perjuangan skripsi harus seelesai dan sekali lagi motivasi itu keluar lagi dari benak ..
Susah, senang, payah, haru, tangis, bahagia, sedih, lelah, menjadi sebuah kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan. kadang iri aja, sama temen-temen yang focus skripsi, ngga kerja jadi bisa focus mengerjakan skripsi tanpa perlu ada waktu izin dengan atasan, diomelin atasan, di sindir temen-temen seperkantoran wkwk pahit iya sih. cuma kadang mikir dan mensugesti otak supaya termotivasi :  cukup! kerjakan! selesaikan! dan lupakan! wkwk


***


1 tahun 7 bulan bukan waktu yang sebentar, aku melakukan KRS.an dan mengambil Mata Kuliah Skripsi sejak awal 2017 lalu. hampir 2 tahun lalu dari sekarang pasti. Proses mengarjakanpun cukup lama memang, apalagi mengerjakannya dengan kerja. Kalo saja rezekiku saat itu adalah mendapatkan dosen yang bisa bimbingan online, namun nasib berkata lain dosen pembimbing ku selalu cod untuk bimbingan skripsi. hmm I know this feelings :') no online-online club.

Mengerjakan dan menyusun skripsi di sambi kerja yang bukan pekerjaan partime itu susah banget guys! literallyy aku jujur sama kalian~ permasalahan lainpun timbul, semisal perusahaan kalian memaklumi ya gamasalah kalo kalian kerja dan skripsian/sedang kuliah. kalo enggak, bisa kelar hidup kau~ mending berhenti aja dan cari kerjaan yang bisa di buat partime, nikmati waktu senggang kalian misal bekerja menajadi desainer, nulis di blog, atau kerja di cafe. kalopun kalian beruntung dapat perusahaan yang memaklumi kehidupan kalian ya ga masalah. lanjutkan!

Sesekali izin di siang hari untuk bimbingan,  sesekali ijin unuk janjian sama dosen dan masih banyak lagi . Itu semua terjadi di jam kerja yang fulltime , tak bisa dipungkiri lagi bagaimana, hampir saja aku menyerah karena takut saja ketika atasan memberikan sanksi dan teguran. ahh sudahlah, aku diam tanpa kata dan menerima segala konsekuensi yang ada.  ketika harus mengetik skripsi di saat kantor hetic banget! ngerjakan jurnalpun juga dikantor lagi hetic-heticnya. tapi mungkin karena The power of kepepet itu memang ada dan terasa. Aku kadang sampai sekarang masih belum percaya bahwa aku telah mengerjakan skripsi 120 an lembar mungkin~


Pada akhrinya aku terkejut ketika mereka menerima segala hal dari ku masya Allah, Qodarullah, TabarakAllah..

Bulan Agustus 2018 aku sidang skripsi. tepatnya pada tanggal 08-08-2018 bukannya tanggal yang bagus bukan? wkwk

dan Desember aku wisuda insya Allah..

ada yang bertanya, setelah wisuda ngapain?
- Menjalankan rutinitas ku seperti biasanya~




Dear Teman-teman pejuang skripsi, semangat mengerjakan ya :)
sugesti di benak kalian bahwa, ''kudu selesai'' ''harus selesai''
InsyAllah semua akan terselesaikan..




Regards

Alfiyah



Akhirnya Skripsi Selesai~ Akhirnya Skripsi Selesai~ Reviewed by Alfiyah Rachma on October 18, 2018 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.