Pernikahan Menurut Islam ?


“ Kawinlah kamu, karena sesungguhnya dengan kamu kawin, aku akan berlomba-lomba dengan umat-umat yang lain”. (Al-Baihaqi : 1229)

Pernikahan menjadi sebuah tradisi yang telah lama terjadi agar supaya memperolah keturunan. mencoba untuk mencintai seseorang yang mana dulu dia bukan siapa siapa lalu menjadi selalu bersama..


Apakah pernikahan itu perlu? atau hanya sebuah suguhan tradisi? dan bagaimana Islam sebagai penuntun, pedoman kita hidup di dunia tentang pernikahan?

as well, membahas tentang sebuah pernikahan memang tidaklah mudah, bagiku atau kamu yang belum menikah pastilah memiliki jawaban yang berbeda, pun pendapat yang berbeda.
lalu apa pernikahan itu? dan apa makna pernikahan itu?


***


Islam menjadi agama kita, al-qur'an dan hadist menjadi pedoman hidup kita.

pernikahan dibahas sedemikian rupa di dalam kitabullah, dan beberapa hadist, dalam Islam mengajarkan kita dan menyuruh kita untuk menikah jika dirasa umur sudah mampu ataupun kita sudah aqil baliq (dewasa penuh). lalu apa itu makna pernikahan dalam islam?



Pernikahan Menurut Islam

Islam telah mengajarkan kita segala macam ilmu yang bermanfaat secara detail tentang penataan hidup kita, misalnya membahas sebuah pernikahan.

Pernikahan?
Menjadi sebuah hal yang bukan tabu lagi di dalam kehidupan masyarakat, namun sedikit tabu bagi remaja sekitar usia 17-20 tahun. eitzz jangan salah dulu, sekarang banyak kok yang menikah muda dan telah memiliki momongan.
pernikahan dalam islam tidak diatur sedemikian rupa terkait usia, yang penting akil baliq atau tlah dewasa sepenuhnya (pubertas). namun, karena saya tinggal di Indonesia pernikahan itu diatur dalam UUD lo, seperti usia wanita yang minim, 21 tahun dan laki-laki berusia 25 tahun. tapi di luar sana banyak masyarakat atau sebagaian orang yang menikah dengan usia di atas dan dibawah ketentuan persyaratan pernikahan menurut Islam.
lalu, bagaimana Pandangan Islam dalam hal Pernikahan?



“ Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan Dia jadikan diantaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Ruum : 21)


Makna pernikahan menurut Islam waaah, banyak sekali.

FYI, Tujuan menikah tidak lain yakni sebagai bentuk Ketakwaan Terhadap Allah SWT serta menjalankan Perintah-Nya. tujuan utama yaitu sebagai Ibadah.

Selain itu ada beberapa makna Pernikahn dalam Islam.

Tercipta Ketenangan Jiwa dan Memupuk Rasa Cinta Kasih.

“ Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan Dia jadikan diantaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Ruum : 21)
Ketika dua anak insan antara laki-laki dan perempuan berkomitmen untuk melakukan pernikahan, maka buih-buih cinta akan tumbuh dan tak luput dari perasaan kasih sayang antara keduanya. Dengan menikah akan merasakan ketenangan jiwa karena memiliki tempat berbagi satu dengan yang lainnya. 

bagaimana? apakah benar bukan buat teman-teman yang sudah menikah?  merasakan ketenangan, kedamaian jiwa seolah olah pelengkap hidup telah terlengkapi..
btw yang belum menikah, bersabar, berdoa dan tingkatkan ikhtiarnya.

Menjaga Kehormatan Seorang Wanita serta Menjaga Pandangan

Nabi Muhammad SAW bersabda : 
 “ Wahai para pemuda! Barangsiapa diantara kalian berkemampuan untuk nikah, maka nikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa tidak mampu, maka hendaklah ia shaum, karena shaum itu dapat membentengi dirinya.” (HR Al-Bukhari)
Menikah adalah salah satu sarana untuk melindungi seorang wanita dari kerusakan dan dengan menikah maka seseorang akan menundukkan pandangan. menundukkan pandangan jauh lebih elegan dari pada memikat tanpa ada ikatan yang jelas, jadi bersabaaar bagi yang belum memiliki pasangan. akupun juga sama, bersabar dan berdoa. :)

Mendapatkan Kebahagiaan serta Rahmat dari Allah SWT

Yang terpenting ketika menikah adalah kebahagiaan yang didapat, seperti teman-teman aku misalnya yang telah menikah, kadang ngerasa baper dengerin ceritanya hehe
jangankan aku, yang baca tulisan inipun pengen rasanya ndang menikah. isn't not?

Tapi sekali  lagi, niatkan menikah bukan karena ikutan baper temen-temen yang telah menikah, namun adalah bagaimana menikah itu menjadi sebuah ibadah dan sebagian di dalamnya.
akupun sama, masih belajar dan perlu belajar terkait apa itu pernikahan selain menjauhkan kita dari perbuatan segala macam zina juga meningkatkan ketaqwa'an kepada Allah SWT.

jadi buat temen-temen yang sudah punya pasangan, ndang cepet nikah wkkkwkw (ngomong apaa;an sih)
Nah, Bagi temen-temen cowo nih terutama yang baaca tulisan ini jangan bikin wanita menunggu yaa, sejujurnya menunggu itu gaenak dirasa..


kamu tau rasa menunggu? menunggu kepastian misalnya..
gaenak berat, biar dilan aja kamu jangan

#eh

Yaudahlah ya, aku sengaja nulis ngga banya karena dalam pembahasn pernikahan ini aku masih belajar dan terus belajar, mengingat usia bukan remaja lagi...
semoga kalian suka baca tulisan ini, kalo ada yang mau ditambahin apapun komen di bawah ya :)


Regards

Alfiyah

xoxo
Pernikahan Menurut Islam ? Pernikahan Menurut Islam ? Reviewed by Alfiyah Rachma on September 01, 2018 Rating: 5

10 comments:

  1. Sudah lulus kan, Al? Saatnya wis-sah wkwk.

    ReplyDelete
  2. Semoga Al dipertemukan dengan jodoh dunia akhiratnya yaa. Setelah ijasah.. lalu ijab-sah ��

    ReplyDelete
  3. Semangat ya Al...biar dapet jodoh yg diinginkan dan sesuai syariah Islam

    ReplyDelete
  4. Sabr doesn't we do nothing but what we can do while waiting

    Semoga dimudahkan y miss

    ReplyDelete
  5. Yuhuuu. Opini asli seorang Al nih yaaa. Insyaallah dimudahkan ya Al, suka duka dgn org pilihan Nya

    ReplyDelete
  6. Semangat buat para singlelillah😍

    ReplyDelete
  7. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.