Mirisnya Kelakuan Kidz Zaman Now di Jember






MIRISNYA KELAKUAN KIDz JAMAN NOW di JEMBER
 by : Alfiyah Rachma

Beberapa jam lalu, dan hingga sekarang beraneka grub di social media aku ramai akibat adanya bentrok atau penyerangan yang terjadi di Ambulu dan beberapa jalan di sekitarnya. Miris yang aku rasakan, Miris setelah aku lihat kejadian mengerikan ini terjadi yang disebabkan oleh beberapa kelompok orang dari jember vs luar jember. Memang kemaren, 4 Oktober stadion terbesar di Jember menjadi tempat di selenggarakannya pertandingan sepak bola laga Persebaya melawan semeru FC yang di selenggarakan langsung di Stadion terbesar di Kota Jember. Ribuan antusias penonton memadati stadion tersebut, ramai iya, stadion yang berkapasitas kurang lebih  ribuan penonton ini cukup full dipenuhi dan di banjiri supporter, masyarakat local jember yang meluangkan waktunya untuk melihat pertandingan bola secara langsung disitu, dan beberapa dari mereka ialah supporter dari luar Jember.

Euforia pertandingan sepak bola kemaren, jika kalian menoleh ke handphone notif social media banyak yang mempost, meng-share ‘’himbauan untuk terus berhati-hati melewati jalan X’’, ‘’hati-hati untuk tidak menggunakan pakaian ini..’’ ‘’hati-hati untuk tidak lewat diarea ini..’’ masih banyak lagi status ttg pemberitahuan untuk kita terus waspada terhadap ancaman golongan X dan banyak sekali yang mem-post, meng-share, kalimat-kalimat tersebut. Gw heran, aku pikir, hello gaes hati-hati karena ada masalah apa?  Pertanyaan di otak aku yang malas tulis koment di status mereka. Karena aku lebih suka membaca komentar para warganet ketimbang aku harus koment ‘’ono opo?’’.

Setelah beberapa saat aku mempalingkan social media aku, dan aku check lagi, aku scroll aku baca satu persatu coment section para netizen yang awal aku mikir sebenarnya apa yang sedang terjadi?  Aku baca sambil menikmati revisian skripsi aku yang ntah mengapa aku langsung ngehentikan seketika revisian. aku melihat banyaknya komentar para netizen yang memanas akibat adanya bentrokkan, kericuhan berdarah akibat kelakuan masyarakat dan kidz zaman now!

Miris banget bacanya, terlebih kericuhan itu terjadi dikala adanya pertandingan sepak bola yang selalu melibatkan supporter yang datang untuk memeriahkan, melihat, mendukung jagoan mereka at least sebagai motivasi para pemain mereka melihat tim jagoan mereka lagi bertanding di lapangan hijau nan gagahnya. But, before they arrived in stadion mereka diserang oleh sekelompok orang jaman now yang tidak bertanggung jawab.

‘’pada 04/10/2017  rabu pagi sekitar pukul 10.00 WIB terjadi bentrok antara Bonex dengan pendekar silat Ambulu Jember. (sumber, suryamalang.com)  beredar berbagai video, foto pertumpahan darah, video anarkis, serangan, bentrok, blood everywhere , raut wajah kecemasan, ketakutan, beberapa kendaraan ada yang hancur akibat ulah bentrok dan kericuhan yang terjadi di Ambulu kemaren.

Heran, Miris, ngelus dada yang mungkin dirasakan sebagaian orang yang tidak melihat langsung kejadian yang na’if tersebut. Aku heran, lantas apa yang ada dalam pikiran para manusia-manusia jaman now kemaren, kemana akal sehat mereka? Nurani mereka? Dan motif dendam seperti apa sehingga bentrok dan penyerangan anarkis itu sampai terjadi. OH Man…….. well…setelah aku melihat post para netizen di coment section seperti video amatir bentrok, foto-foto berdarah dan kiriman broadcast bahwa 65% yang terlibat dari kericuhan tersebut adalah kelakuan Kidz Zaman Now! Terutama warga local Jember dewe. Yang menyerang supporter BX ..

Oh man…..
What’s wrong with this people?  Darah dimana-mana, puluhan korban terluka akibat bentrok ini. Video dan foto sempat viral hashtag #prayjember #prayofjember bermunculan di bilah status warganet bukan ratusan bahkan ribuan likers . dan masih banyak lagi yang aku gapaham, gatau atas kelakuan kidz zaman now bahkan masyarakat zaman now.

Aku sebagai warga local Jember, turut prihatin atas kejadian yang terjadi kemarin dan terhadap korban yang mati sia sia, mereka mati karena kelalaian, mati karena pembantaian, mati karena sebuah masalah sepele akibat bentrokan tersebut. Sampai sekarangpun aku heran motif apa sehingga penyerangan itu teradi. Banyak yang mengeluarkan spekulasi-spekulasi mereka terhadap kericuhan kemaren but, gw ga semudah itu percaya. Pendapat dan cara pandang tiap orang berbeda terhadap peneliaian sesuatu itu.

Hati aku mulai membludak maaan, pengen rasanya gw napokkin mereka yang memprovokatori aksi tersebut. Apa yang sebenarnya kalian lakukan bukan hanya merugikan nama lo doang coyyyy!! Bukan juga merugikan masyarkat sekitar tapi yang lebih dirugikan lagi ialah keluarga yang ditingglakan dan KOTA JEMBER SEBAGAI TUAN RUMAH DIGELARNYA ACARA NASIONAL tersebut. Nama kota ya pasti sedikit tercoreng akibat bentrokkan ini, apa lagi menimbulkan korban jiwa.

Cooyyy…. Where’s u’r mind? Where’s u’r attitude? Sampe pikiran bersih lo gak ada, sampe ngelakuin hal semacam itu di Zaman Millennial ini, ditahun 2017 ini. Selain hati gw miris, jujur aku malu banget ketika seluruh berita baik media tulis, web, bahkan tv memberitakan tentang tragedy ini. Ramai diperbincangkan di media social, bahwa di jember sdg terjadi bentrok antar supporter, menimbulkan korban luka-luka, bahkan yang tewas secara sia sia’’  miris banget, beranda facebook aku dipenuhi berita portal media tulis tentang kejadian yang sungguh disayangkan, akibat kelakuan kidz zaman now.

Terus sekarang? Bagaimana nasib keluarga mereka diluar sana yang sedang menunggu kepulangan mereka, kedatanag mereka dengan selamat tetapi, sebagaian dari mereka bermalam di rumah sakit, menghadapi kesakitan yang sia-sia  yang dilakukan oleh orang-orang tak bermoral, terlebih mengakibatkan korban jiwa. How feels them?  Miris, sedih, terheran-heran  dalam hati aku. Bukannya seharusnya yang menjadi viral adalah pertandingan laga sepakbola nya namun, now kenyataannya apa yang dilakukan kidz zaman now telah mencoret sedikitnya nama Jember sebagai tuan rumah laga pertandingan tersebut.

Teruntuk keluarga korban luka-luka di mohon bersabar, karena musibah ini dan memang semua kalangan mengharapakan kejadian ini tidak terjadi., teruntuk keluarga korban yang ditingglakan. Mari bersama-sama kita untuk mengirim do’a yang Inshaallah terijabah, semoga diberikan kesabaran yang besar atas kejadian yang telah terjadi.

 Dan kejadian seperti ini menjadi Pembelajaran untuk lebiih memberikan bekal moral dan attitude kepada kidz zaman now yang sudah tak bermoral supaya lebih baik lagi, lebih paham lagi, lebih bermoral lagi tentang peran aktif kidz zaman now.

Tulisan ini aku buat karena aku sebagai warga jember turut prihatin atas kejadian yang tak bermoral terjadi. Para pelakunya tak kurang dan tak lebih adults jaman now. Yang harus di bina, apapun pendidikan karakter mereka diperlukan adanya bimbingan secara infromil misalnya dari peran orang tua. Terus buat warganet yang kirim gambar, video, dan broadcast hoax  apasalahnya sih jika kalian kirim gambar atau broadcast yang isinya berdasarkan fakta yang ada dan jangan di besar-besarkan cuman ingin dapat likes n coment dari pada netter lain.

Mirisnya Kelakuan Kidz Zaman Now di Jember Mirisnya Kelakuan Kidz Zaman Now di Jember Reviewed by Alfiyah Rachma on October 05, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.